Wednesday, November 26, 2008

Mengenai Kebenaran - mengulang lagi...

Topik ini sering muncul ke permukaan berulang kali...

What is truth? Banyak orang bicara tentang kebenaran tapi sebenarnya masih tidak tahu apa maksud kebenaran itu sebenarnya. Ada yang bilang benar itu bukan salah. Kalau ditanya apa itu salah? Salah itu bukan benar katanya. Bolak balik aja. :-)

Ada yang bilang tidak ada yang benar, semua serba relatif. Ketika orang tsb berkata seperti itu dia sendiri tidak yakin akan statementnya sendiri karena bersifat relatif pula. :-)

Saya sendiri memandang kebenaran sebagai sesuatu yang FACTUAL and LOGICAL. Factual berarti statement sesuai dengan fakta, data hasil observasi. Logical berarti tidak ada fallacy ataupun pertentangan/kontradiksi di dalam argument/statement. Kalau ada yang bilang saya seorang wanita, bisa saya katakan ia berkata tidak benar, karena faktanya saya laki2. Kalau ada yang bilang Tuhan bisa menciptakan batu yang tidak bisa diangkatnya, bisa kita katakan statementnya tidak benar karena terdapat kontradiksi di dalamnya (Tuhan=Maha Kuasa=Tidak mampu mengangkat batu?).

Kebenaran setiap agama yang diklaim sebagai agama dari Tuhan juga bisa dianalisa melalui kedua kriteria ini. Bila ada agama yang mengklaim bumi itu ceper, bisa dipertanyakan kebenarannya karena klaim tsb bertentangan dengan fakta observasi. Atau agama yang bilang Tuhan itu bisa menjelma menjadi manusia, tapi tetap 100% Tuhan dan 100% manusia, kebenarannya dipertanyakan karena klaim tsb mengandung logical contradiction (Tuhan <> manusia).

Tapi sebagai Muslim, kita diajarkan tidak arrogant mengklaim kita tahu segala hakikat kebenaran, karena harus kita sadari bahwa kita ini makhluq yang terbatas kemampuan panca indera dan akalnya. Ilmu yang kita miliki berasal dari kedua sarana yang diberikan Tuhan ini. Tapi kita tidak tahu apa2 akan hakikat hidup ini tanpa petunjuk wahyu dari-Nya.

Wa minannasi mayyujadilu fillah bi ghairi ilm wa la hudan wa la kitabimmunir...

Tolong dikoreksi bila ada yang salah.

Wallahu'alam.

No comments: