Wednesday, December 17, 2008

Bahasa Arab bahasa Tuhan?

Dalam ilmu bahasa dikenal adanya pelajaran dasar/struktur rules basic grammarnya yang bisa dilihat kesamaannya dalam berbagai bahasa dunia (misalnya pronoun, verb, etc). Sehingga walaupun syntaxnya berbeda, orang2 bisa mempelajari bahasa manapun dengan menggunakan dasar2 ini. Mungkin ini bisa dilihat kesamaannya dengan dasar2 dalam matematika (rules of addition, substraction, etc) dan juga cinta (care, emphaty, jealousy, etc).  :-)

Mengenai pendapat yang bilang bahwa bahasa Arab adalah bahasanya Tuhan, IMHO karena ini masalah ghaib, maka harus ada dasarnya dari wahyu (Qur'an/hadits shahih). Kalau secara logika, menurut saya pendapat tsb tampak membatasi ilmu Tuhan yang Al-'Alim, Omniscient, Maha Tahu segalanya. Dan kalau kita lihat dari sejarah, kitab2 yang terdahulu juga tidak diturunkan dalam bahasa Arab (e.g. Taurat dalam Hebrew, Injil dalam Aramaic). Juga saya pernah baca bahwa di dekat Ka'bah, di Maqam Ibrahim (batu tempat injakan Nabi Ibrahim ketika membangun Ka'bah) terdapat ancient inscription yang bukan Arab tapi lebih menyerupai ancient Himyarite atau ancient Hebrew (ref: "Islam: a general picture" Dr.M.Hamidullah).

Mengenai pendapat yang bilang bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang akan digunakan dalam surga nanti saya cari ternyata ada hadits dalam kitab "Syu'abul Iman" karya Imam Baihaqi:

"Cintailah bangsa Arab karena tiga hal: aku adalah seorang Arab, Al Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab, dan bahasa di dalam surga adalah bahasa Arab"

Hadits serupa juga bisa ditemui dalam Misykat AlMasabih dan Mustadraknya Imam Hakim.

Mungkin yang ahli hadits bisa mencari tahu status shahih atau tidaknya sanad dari hadits ini. Atau kalau dilihat dari segi matan, mungkin bisa dipahami bahwa maksudnya adalah salah satu bahasa yang digunakan di dalam surga adalah bahasa Arab. Tapi tidaklah mustahil bahkan sangat mudah bagi Allah untuk membuat kita semua nanti bisa memakai satu bahasa.

At the end, IMHO, terserah Allah SWT bahasa apa nanti yang akan digunakan manusia di dalam surga. We should not spend too much time on figuring this out (conjectures) since it really would not make much difference for us. Yang penting adalah bagaimana kita berusaha untuk bisa mencapai ke sana. Mudah2an Allah SWT memudahkan semua urusan dan tujuan kita. Amin.

Wallahu'alam.

PS: Masih berhubungan dengan bahasa Arab, bagi kita ingin mempelajarinya, ini ada link dari Islamic Center in Toronto yang sangat bermanfaat:

http://www.lqtoronto.com/videos.html

Semua seri videonya dipost dalam website tsb.

Mudah2an bermanfaat.

No comments: