Wednesday, September 22, 2010

Gereja di Indonesia dan Masjid di Amerika

Membaca berita-berita di tanah air mengenai permasalahan pembangunan gereja di tengah-tengah masyarakat Muslim membuat kita perlu introspeksi. Tidak sedikit media massa dan sekelompok orang Islam di Indonesia yang menutup mata, tidak check recheck dan peduli pada fakta permasalahan yang ada, tanpa reserve membela mereka yang ingin memaksa membangun gereja walaupun tanpa mempedulikan peraturan dan keberatan penduduk sekitar, serta tidak segan2 memblame penduduk yg keberatan tsb dengan label tidak toleran menghalangi kebebasan beragama.

Mereka juga menyamakan ketidaksetujuan orang2 Islam atas pembangunan gereja ini dengan ketidaksetujuan kelompok non-Muslims atas pembangunan masjid di New York dan kota2 lain di Amerika. Padahal kedua kasus tsb jelas tidak sama. Orang2 Islam di Amerika yang ingin membangun masjid berusaha untuk memenuhi peraturan yang berlaku serta meminta persetujuan terlebih dahulu melalui city council, town hall meetings, etc.

Protes2 keberatan atas pembangunan masjid di Amerika diorganisir oleh kelompok2 Islamophobes yg bukan penduduk lokal di mana masjid akan dibangun. Beda dengan fakta tidak sedikitnya kasus pembangunan gereja di Indonesia yg tampak dipaksakan walaupun tidak ada jama'ah di tengah2 masyarakat yg keberatan terhadapnya.

Mudah2an kita tidak menempatkan kekesalan kita terhadap suatu kelompok (Muslim atau non-Muslim) tidak membuat kita menutup mata terhadap fakta dan berlaku adil.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُونُواْ قَوَّامِينَ لِلّهِ شُهَدَاء بِالْقِسْطِ وَلاَ يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلاَّ تَعْدِلُواْ اعْدِلُواْ هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (5:8)

No comments: