Thursday, October 21, 2010

Pemecatan Juan Williams karena komentarnya terhadap Muslim?

Hari ini media lagi ramai membicarakan pemecatan Juan Williams oleh NPR karena komentarnya akan nervousnya dia melihat penumpang pesawat yang memakai pakaian Muslim:
http://abcnews.go.com/Politics/juan-williams-thinking/story?id=11937951

Sepertinya ada pembentukan opini di media bahwa apa yang dikatakan Williams sah2 saja dan merepresentasikan mayoritas opini rakyat Amerika sehingga hal tsb normal. Namun NPR berpendapat bahwa komentar Williams bertentangan denga editorial standards and practices mereka:
http://www.npr.org/blogs/thetwo-way/2010/10/21/130717991/after-comments-about-muslims-npr-terminates-juan-williams-contract

Saya lihat kalau misalnya komentar Williams ini dihubungkan dengan Blacks atau Jews, tentunya media (terutama FoxNews) tidak akan seramai ini. Contohnya kasus dipecatnya UPI's Helen Thomas and CNN's Rick Sanchez karena komentar mereka mengenai Jews.

Sebagai Muslim, kita tentunya tidak senang kalau ada orang yang berpendapat bahwa Muslim itu harus dicurigai dan ditakuti. Tapi rasa tidak senang saja tidak akan mengubah situasi menjadi lebih baik kalau tidak ada usaha mengubahnya. But again, sepertinya berat dan sulit sekali ya mengubah persepsi negatif orang saat ini terhadap Muslim dan Islam... tapi mudah2an kita sabar menjalaninya...

No comments: