Sunday, October 19, 2008

Training ESQ

Saya sendiri belum pernah mengikuti training ESQ tetapi setelah melihat videos di link youtubes ernyata banyak sekali ilmu2 yang bermanfaat di dalamnya buat kita semua.

Saya melihat banyak sekali ilmu2 mengenai kehidupan ini yang bisa dijumpai di mana saja, termasuk di dalam buku2 yang ditulis oleh non-Muslim, yang bisa diambil manfaatnya oleh umat Islam, meskipun tidak disebut secara langsung dalam Qur'an dan Hadits. Atau bisa pula yang bisa ditemukan di dalam keduanya, tapi belum ada orang Islam yang mampu merangkumnya secara structural sehingga bisa lebih mudah dimengerti dan diingat. Contohnya yang bisa dijumpai dalam buku2 psychology atau motivational, seperti "The Seven Habits of Effective People" by Dr.Stephen Covey (saya pernah ikut trainingnya selama 3 hari dan terasa sekali manfaatnya), "Real Life" by Dr.Phil McGraw (baru  saya baca sekilas di airport bookstore beberapa waktu lalu), dan masih banyak yang lainnya.

Dalam salah satu training ESQ disebutkan adanya penemuan terbaru yang bernama 'God Spot". Sebutan ini adalah daerah di otak yang terlihat aktif ketika seseorang mengalami "spiritual experience". Ini kalau tidak salah berdasarkan research neuroscientist team di University of California at San Diego. Tapi belakangan research terbaru di University of Montreal meragukan hasil research tsb karena mereka menemukan tidak hanya satu spot tapi di beberapa area di brain yang aktif during the spiritual experience.

Orang2 atheist menggunakan hasil research ini untuk mengkritik agama bahwa para pembawa agama (religious founders) mengalami gangguan pada area brain ini sehingga kadang2 melihat halusinasi (melihat malaikat, jin, mendengar suara wahyu, dll). Orang2 theist menggunakan research ini untuk membenarkan paham agama bahwa manusia ini diciptakan by default (secara fitrah) memiliki hubungan dengan Tuhan penciptanya. Padahal sebenarnya research tsb tidak mengkonklusikan demikian, juga tidak pro atheist ataupun pro theist.


Sayangnya ada orang2 Islam yang "alergi" terhadap buku2 macam ini karena menurut mereka buku2 tsb ditulis non-Muslim dan tidak berdasarkan Qur'an dan Hadits. Padahal banyak hikmah2 di dalamnya bisa dicari hubungannya dengan ayat2 Qur'an dan hadits nabi. Terutama mengenai hubungan antar manusia, yang kadangkala kita kira gampang (common sense) tapi ternyata tidak semudah yang kita kira. Kita perlu mengetahui BKMs (best known methods) dari orang2 yang telah berpengalaman how to deal with ourselves and with different types of people personalities. Persis seperti yang Nabi bilang mengenai hikmah barang orang mu'min yang hilang.

"Hikmah itu adalah barang hilang orang beriman.Di mana pun dia mendapatkannya, maka dia berhak memilikinya." (HR.Ibnu Majah).

Wallahu'alam.


No comments: