Saturday, September 06, 2008

Prof. Dr. KH Ali Mutstafa Yaqub

Saya kenal Prof. Dr. KH Ali Mutstafa Yaqub dari tulisan2 beliau dulu sekali di majalah Amanah dan buku2 beliau tentang Hadits Nabi SAW. Saya banyak belajar dari buku2 beliau mengenai sejarah hadits dan pembahasan mengenai hadits2 Nabi yang ditulis dgn bahasa yang mudah dimengerti. Setahu saya beliau pakar hadits di Indonesia (seperti halnya Dr.Daud Rasyid, dll).

Saya ingin bisa bertemu beliau (juga ulama2 lainnya) untuk berkonsultasi ttg hadits2 Nabi yang shahih sanadnya tapi matannya tampak "doesn't make any sense" atau bertentangan dengan modern science, sehingga sering digunakan sbg bahan penghujatan Islam.yang kini dijadikan bahan ejekan oleh para anti Islam dalam buku2 mereka juga dalam website dan forum2 diskusi di internet. Sudah beberapa toko buku saya kunjungi (Gunung Agung, Gramedia, Wali Songo), tapi saya tidak menjumpai adanya buku2 yang membahas hal ini. Dulu pernah ada buku "Hadits-hadits Musykil" tapi sekarang sudah tidak ada lagi.

Misalnya: hadits yang menjelaskan bahwa ketika tenggelam matahari itu pergi bersujud di bawah 'Arasy (padahal kita tahu matahari itu tampak tenggelam karena perputaran bumi), lalat di kedua sayapnya ada kuman dan antidot (dulu pernah membaca ada klaim riset membuktikan hal ini tapi tidak ada bukti yang bisa diverifikasi), siapa yang makan kurma ajwa tidak akan mempan sihir dan racun (hadits ini digunakan anti Islam untuk menantang orang Islam makan kurma ini dan meminum baygon), Nabi Musa menampar malaikat sampai copot matanya, setan kencing di kuping orang tidur, dll... karena matannya yang agak "aneh" ini, tidak sedikit orang yang berpendapat hadits2 ini tidak shahih dan ditolak. Termasuk hadits dalam Bukhari yang bilang Aisyah menikah dgn Nabi ketika umur 9 th (pembahasan ini ditulis oleh seorang dokter di Michigan dan disebarkan ke milis2, tapi pernah dibantah oleh beberapa ulama yang lebih paham status sanadnya yang shahih ini).

Mudah2an kalau ada yang kesempatan berdiskusi dgn Bpk KH ini bisa ditanyakan hal2 ini dan bisa menshare jawabannya. Mudah2an bermanfaat buat kita semua.

Salam juga buat beliau, semoga diberikan kekuatan dan kesehatan selama di US dan kembali ke tanah air.

No comments: