Sunday, September 28, 2008

60 Million dollars to defame Islam - Obsession the movie

Insya Allah kalau umat Islam di US menyumbang $10 per orang aja dikali 7 million orang sudah menjadi $70 million. Apalagi kalau para pengusaha2 Muslim kaya raya, di timur tengah dan di asia, juga semua orang Islam di berbagai negara di dunia turut membantu akan bisa jauh lebih banyak lagi. Tapi sekarang masalahnya menurut saya adalah keefektifan program yang akan menjadi response terhadap ramainya Islamophobic ini. Sayang sekali kalau dana yang banyak ini diberikan tanpa ada program yang jelas dan tidak efektif. Misalnya dana tsb dipakai dipakai mencetak Qur'an sebanyak2nya atau mengadakan banyak interfaith TANPA  menjawab straight forward to the point, satu persatu tuduhan2 yang sangat buruk terhadap ajaran Islam maupun Nabi SAW, akan menjadi tidak efektif.

Saya kemarin ke Istiqlal dan selepas shalat ternyata berjumpa dengan Buya Abunyamin Roham yang banyak menulis buku Islam (tak disangka2 padahal malamnya saya sempat membaca buku beliau yang berisikan jawaban beliau terhadap "Islamic Invasion"nya Robert Morey - setahu saya penulis lain yang telah menerbitkan buku serupa adalah Ibu Irene Handono dengan judul "Islam dihujat: Menjawab buku Islamic Invasion"). Buya sudah tua umurnya (sekitar 70an) tapi masih semangat menulis buku2 Islam. Saya bilang pada beliau bahwa buku2 beliau perlu ditranslate ke bhs Inggris karena akan sangat bermanfaat sekali kalau dibaca oleh orang2 di US. Beliau tampak bersemangat dan akan mencari tahu mengenai usaha translation ini.

Saya sendiri sudah berusaha mentranslate bukunya Dr.Quraish Shihab, tapi bahasa Inggris saya tidak begitu bagus dan saya sendiri tidak punya pengalaman dalam translation ini, ditambah perfectionist, terasa lama sekali kalau buat satu halaman saja (dan itupun waktu dibaca ulang nggak pas gitu gimana kayaknya... makanya nggak pernah jadi-jadi... :)

Kita juga bisa berusaha membuat slides dan diconvert ke movie di youtube untuk menjawab tuduhan2 orang2 yang anti-Islam di sana (termasuk obsession movie ini). Saya kadang kalau ikut pula dalam diskusi di bagian comment video yang tampak anti Islam, dan alhamdulillah saya lihat kalau kita menjaga etika kita dalam berdiskusi tidak sedikit orang2 yang memiliki salah paham terhadap Islam mengakui salahnya cara pandang mereka dan respect dengan kita. Meskipun sederhana dan simple, tapi mudah2an ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya.

I searched on google and found a nice rebuttal of this anti-Islam DVD at:

http://www.obsessionwithhate.com/therebuttal.php

(you might want to save this  whole page just in case).

If necessary, we could print this rebuttal as small booklets or handouts, and distribute them to community centers, churches, and schools to educate people.

May Allah showers all of us with his mercy and blessings during this month of Ramadan and continue afterwards.

Semoga bermanfaat...

No comments: