Monday, August 13, 2007

Tanggapan terhadap "Propaganda anti-Islam"

Mencoba menanggapi tanggapan terhadap tulisan ini.


> 1. propaganda apa yang dianggap menyudutkan Islam....
Propaganda mengandung arti penyebaran informasi dengan tujuan tertentu. Penyebaran informasi yang tidak benar mengenai Islam yang disebarkan oleh mereka yang anti-Islam atau Islamophobes biasanya mengandung tujuan2 yang berhubungan dengan kekuasaan (power), kekayaan (wealth), keyakinan/agama seperti missionaris, atau lainnya. Pointnya adalah penyebaran informasi tidak benar ini harus dicegah karena will cause harm and sufferings to many innocent Muslims as well as non-Muslims who are related to them. Tulisan tsb saya buat dengan tujuan untuk menunjukkan kesalahan2 propaganda anti-Islam ini, with the intention to foster cordial relationships between Muslims and non-Muslims, especially in this time of age where extremists, Muslims and non-Muslims alike, are trying their best to incite everyone to start the clash of civilizations.


> 2. apakah propaganda itu memiliki dasar atau tidak.....
Jelas tidak ada dasarnya yang benar dalam ajaran Islam. Tulisan tsb dibuat untuk mengekspos fallacy yang mudah ditemukan dalam propaganda tsb.


> 3. apakah penindasan hak asasi manusia dan terorisme diajarkan dalam Islam.... kalo tidak, maka umat Islam sedunia harus mengutuk dengan keras aksi2 terorisme yang mengatasnamakan Islam dan bersama-sama mencari dan menyerahkan pelaku2 terorisme itu ke muka pengadilan yang fair ...
Islam jelas tidak mengajarkan hal2 yang dituduhkan tsb. Umat Islam mengutuk tindakan terorisme terlepas siapa yang melakukannya Muslims ataupun non-Muslims. Overwhelming majority of Islamic organizations have condemned it tetapi media massa di dunia barat jarang ada yang mau meliputnya sehingga tidak jarang terlontar tuduhan tidak ada kutukan dari organisasi2 Islam. Mengapa ini bisa terjadi dan apa tujuan mereka menyembunyikan hal ini?

Lalu saya heran mengapa anda menghubung2kan belum tertangkapnya seorang atau sekelompok kriminal dengan sikap mayoritas umat Islam yang jelas tidak setuju dengan tindakan kriminal tsb? Mengapa harus dibawa2 pastor dalam hal ini, apa hubungannya? Please jangan menggiring pembuatan konklusi yang salah dengan membuat2 opini yang tidak benar. Don't put words into other people's mouth. Strawman fallacy.


> http://www.indonesia.faithfreedom.or...ic.php?t=14246

Saya tidak paham apa hubungannya mubahalah dengan topik propaganda anti-Islam? Mubahalah adalah suatu bentuk komitmen yang diakui bersama oleh kedua pihak yang berdebat sehingga setiap pihak diminta komitmennya untuk menghindari perbuatan tidak jujur atau berdusta secara SENGAJA. Saya tidak paham mengapa mesti takut dikutuk Tuhan kalau memang kedua pihak bersedia komitmen untuk berlaku jujur? Rasanya hanya orang2 yang memang ada niat tidak jujur yang takut untuk melakukan mubahalah ini?


> http://www.indonesia.faithfreedom.or...ic.php?t=14469

Saya tidak paham apa hubungan ayat Qur'an yang melarang Nabi untuk tidak mencela tuhan2 sesembahan kaum musyrik dengan topik propaganda anti-Islam? Bukankah ini jelas menunjukkan sikap mutual respect yang diajarkan di dalam Qur'an meskipun terhadap orang2 musyrik?


> http://www.indonesia.faithfreedom.or...ic.php?t=15215

Konteks ayat 5:32 jelas dimulai dari ayat 5:27, yakni tentang sejarah pembunuhan pertama yang dilakukan oleh dua anak Adam. Ayat 5:33-34 menjelaskan konteks yang berbeda, yakni hukuman keras terhadap para pelaku kriminal berat (perampokan yang disertai pembunuhan atau pembantaian seperti yang bisa ditemukan dalam asbabun nuzul ayat tsb). Saya tidak melihat apa dasarnya ayat ini dihubung2kan dengan hukuman thd Yahudi?

Lalu tentang tuduhan bahwa ayat 5:32 adalah plagiarism dari Mishnah Sahendrin juga tidak benar. Biasanya kelompok misionaris anti-Islam seperti Ibn Warraq and the likes, mengutip quotation dari Mishnah yang sudah diubah. Quotation yang benar dari Mishnah Sahendrin: "he who destroys one human life OF ISRAEL, it is accounted to him BY SCRIPTURE as though he had destroyed a whole universe, and he who saves one human life OF ISRAEL, it is accounted to him BY SCRIPTURE as though he had preserved a whole universe". Mengapa kata2 upper case dalam quotation di atas tidak dicantumkan? Karena jelas menunjukkan perbedaan antara ayat Qur'an dan Mishnah tsb. Lalu Mishnah yang satu ini jelas2 dalam Jewish Encyclopedia disebut berasal dari post abad ke-7 karena mencantumkan influence of Islam seperti pencantuman nama A'ishah, Khadijah and Fatimah. Lalu mengapa masih diulang2 saja tuduhan plagiarism ini oleh para anti-Islam?


> Kalo yang ini mohon dijawab dengan bukti2 yang kuat bahwa Muhammad tidak melakukan hal2 itu..... Abang mungkin bisa baca sendiri di FFI

Burden of proofs is upon those who bring the accusation. Mereka yang membawa tuduhan, mereka pula yang harus membawa bukti. Seperti yang saya sebut dalam tulisan yang dipost dalam awal thread ini tuduhan2 mereka terhadap Nabi tidak memiliki bukti serta mengandung banyak fallacy. Termasuk posting2 di FFI yang biasanya disertai kata2 dengan bumbu2 kebencian dan permusuhan.


> Jangan terlalu berlebihan Bang..... kalo "ajaran dasar agamanya" seperti ini gimana : http://www.indonesia.faithfreedom.or...ic.php?t=14268

Tuduhan di atas jelas mengandung kesalahan dalam pemahaman ayat2 Qur'an karena dilakukan dengan metode "cut and paste" di luar konteksnya ataupun "the big picture". Kalau ada orang yang men-"cut and paste" episode dari sebuah movie yang panjang tentu kesimpulan para penonton bisa menjadi salah. Ini sudah disinggung dalam tulisan di awal thread ini. Mengenai tuduhan ayat2 toleransi diturunkan di saat ketika umat Islam masih lemah jelas salah. Ayat "la iqraha fiddin" 2:256, juga ayat 60:8 misalnya, yang mengajarkan tolerasi terhadap mereka yang tidak memusuhi jelas turun di Madinah di saat umat Islam memiliki upper hand terhadap pihak2 yang memusuhi mereka. Premise yang mereka gunakan terbukti salahnya. Dan premise yang salah bisa menghasilkan kesimpulan yang salah pula.


> Wajar ngga kalo dicurigai.... sebagai pembanding di Indonesia, umat Katolik n Kristen mengadakan ibadah di rumah (misa lingkungan, ibadat Rosario), dicurigai Kristenisasi, dilempari batu rumahnya, bahkan kadang2 dibubarkan dengan paksa,

Propaganda yang menyebarkan informasi yang tidak jujur terhadap Islam jelas tidak bisa dibenarkan karena akan menyebabkan mayoritas umat Islam dicurigai dan dicap bersalah tanpa ada bukti. Apakah anda mau diperlakukan dengan treatment serupa hanya karena ada orang2 yang seagama dengan anda melakukan tindakan kriminal pula?

Perbuatan yang tidak etis oleh sebagian kecil orang2 Islam terhadap orang2 Kristen dan Katolik di tanah air juga tidak bisa digeneralisasi bahwa perbuatan tsb diajarkan dalam Islam serta disetujui mayoritas umat Islam. Point ini pun telah disinggung dalam tulisan di awal thread ini.

Mudah2an ada manfaatnya.

Wallahu'alam.

1 comment:

Unknown said...

sebenarnya, kita juga berfikir, ada kebenaran menurut kita dan kebenaran menurut mereka. Kita tidak bisa mengklaim mereka salah dan kita pasti benar. Mereka punya pendapat dan mungkin sudut pandang yang berbeda dari kita. Tugas kita untuk membuktikan, bukan langsung menuduh mereka salah, tanpa ada bukti mereka salah.