Tuesday, September 08, 2009

Orang tua Nabi di neraka?

"Dari Anas: bhw seorang laki prnh bertanya, "Ya Rasulullah! Dimanakah tempat ayahku ?" 
Jawab Nabi, "Di Neraka!" Tatkala orang itu berpaling hendak pergi, beliau memanggilnya, lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya bapakku & bapakmu tempatnya di neraka" 

Dari Abu Hurairah: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ziarah kekubur ibunya, lalu ia menangis yg menyebabkan orang2 disekelilingnya (para shahabat) turut menangis. Lalu beliau bersabda, 'Aku meminta izin pd Tuhanku spy aku dibolehkan utk mohon ampun baginya, tpi tidak diizinkan bagiku. Lalu aku meminta izin supaya aku dibolehkan menziarahi kuburnya, maka diizinkan bagiku. 


Kedua hadits di atas diriwayatkan oleh Imam Muslim. Sudah lama hadits ini ramai diperdebatkan di beberapa forum diskusi antara yg pro dan kontra terhadap pendapat orang tua Nabi SAW masuk neraka.

Saya pernah menyimpan link yg memuat tulisan dari Imam Suyuthi mengenai hal ini di mana beliau membahas secara detail dalil2 dari Qur'an dan hadits2 Nabi yg berkaitan termasuk dua hadits yg disebut di bawah, dan berkesimpulan bahwa orangtua Nabi SAW tidaklah di neraka:
http://www.marifah.net/articles/prophetsparentssaved-jalaluddinalsuyuti.pdf

No comments: