Tuesday, April 08, 2008

Youtube diblocked karena film Fitna?

Kabarnya yang dengar dari teman2 di multiply.com, youtube diblokir karena adanya film Geert Wilders' Fitna yang anti-Islam itu. Menurut saya sih sebenarnya Youtube itu penuh dengan video2 yang lebih extreme kebencian thd Islamnya dibanding film Fitna. Dan sekarang tampaknya film Fitna pun sudah diperbanyak dan diupload oleh banyak user yg membenci Islam bukan hanya di youtube tapi di video site2 lainnya. Tampaknya hanya sedikit dari umat Islam yang membuat film2 response/rebuttal dan mempostnya pula di sana dengan keyword yang pas (misalnya "fitna, response, rebuttal, islam, muslim, qur'an") sehingga orang2 yang mencari video responsenya akan melihat video kita pula. Saya mencoba mempost 10 min video response di multiply juga di youtube (http://youtube.com/watch?v=hSvyOpk-bIw) dan dalam satu minggu sudah mencapai 15000 viewers. Atau bisa kita pula beramai2 mem-FLAG video2 propaganda anti Islam tsb sebagai "Hateful/Abusive Content" sehingga oleh youtube admin video tsb akan diremove.

Saya sangat menyayangkan kalau Youtube diblokir karena saya sendiri merasakan banyak belajar Islam dengan banyak Muslims (dari berbagai negara) di sana, juga dari video2 Ahmad Deedat, Zakir Naik, Jamal Badawi, dlsb, serta kesempatan berda'wah kepada siapa saja di sana. Memblokir youtube rasanya kok seperti menutup ladang ilmu dan da'wah... Begitupula multiply.com yang saya rasakan bisa menjadi medium silaturahmi dan sharing antara kita, kabarnya sebagian ISPs di Indonesia sudah memblokirnya pula.

Mudah2an ada yang bisa menyampaikan hal ini kepada Bapak Mentri Infokom agar tidak terjadi pemblokan kebebasan berkomunikasi di era informasi ini.

No comments: