Wednesday, July 14, 2010

Islamophobia dan da'wah

Islamophobia is a real problem that Muslims need to resolve together. IMHO, ini salah satu akibat dari ditinggalkannya da'wah, baik internal (pada diri, keluarga, umat Islam) maupun external (pada non-Muslims).

Saya jadi ingat ceramahnya Imam Joban di pengajian Redmond beberapa bulan yang lalu.

Banyak orang meninggalkan da'wah karena merasa dirinya masih banyak dosa dan kekurangan. Mereka beranggapan mereka harus perfect dulu baru bisa berda'wah. Padahal yang namanya manusia itu tempat salah dan dosa. Iman itu naik dan turun. Kalau kita baru mau berda'wah menunggu kalau iman kita tinggi dan stabil, tidak akan pernah kita mau memulai da'wah. Ustadz Joban memberikan contoh seorang Muslim yang merasa dirinya masih banyak dosa tapi kemudian ia berhasil membuka jalan temannya kepada Islam, hanya karena memberikan temannya Al Qur'an. Allah SWT membuka hati dan menunjuki siapa saja yang Dia kehendaki, melalui siapa saja.

Saya mengajak seluruh anggota IMSA untuk bersama2 aktif dalam da'wah di lingkungan community kita tinggal. Tidak hanya kepada Muslims saja, tapi juga kepada non-Muslims, karena kita sekarang ini part of this society dan harus involved di dalamnya. Tidak hanya dengan ucapan saja, tapi juga dengan perbuatan/bil hal. Dengan berakhlaq yang baik (lillahi ta'ala bukan show off), tapi juga dengan melakukan aktivitas2 da'wah lainnya yg terorganize rapih, seperti menulis di newspaper mengcounter miskonsepsi yang salah, membantu the poor, homeless, aktif dalam interfaith meetings, mengundang tetangga2 untuk dinner di waktu ramadhan atau eidul fitri either di rumah atau di masjid, da'wah booth di campus, library, etc. Ada baiknya kalau setiap dari kita mengerti akan fiqh da'wah, materi2 da'wah apa saja yang bisa disampaikan dan metode2nya.

Insya Allah kalau semua Muslims di negeri ini aktif melakukan da'wah lillahi ta'ala, problem2 orang membenci Islam akan sedikit demi sedikit bisa berkurang.

Tugas kita berusaha dan berdoa. Hasil akhir, terbukanya hati untuk mendapat hidayah itu hanya oleh Allah SWT.

Berikut ini ada slides mengenai da'wah to non-Muslim yang mudah2an bermanfaat untuk memotivasi kita semua untuk lebih aktif lagi berda'wah.
https://docs.google.com/present/edit?id=0AR4bDYUpI9PTZGc4ZzJnNjRfMjdoaDQ1dDRjaw&hl=en&authkey=CNqRjbUF

Mohon dikoreksi dan ditambahkan bila ada yang salah dan kurangnya.

No comments: